Home » Investasi 100 Ribu Per Bulan, Untung Menabung atau Investasi, Ya?

Investasi 100 Ribu Per Bulan, Untung Menabung atau Investasi, Ya?

oleh | Apr 26, 2022

Sekarang, semua orang punya kesempatan untuk mulai investasi 100 ribu per bulan. Bahkan, transaksi pembelian aset investasi juga dapat berlangsung secara online melalui aplikasi aja. Jadi, investor pemula yang memiliki modal kecil juga bisa berinvestasi. Namun, banyak orang yang mempertanyakan, berapa keuntungan investasi 100 ribu per bulan? Lebih untung menabung atau investasi, ya

Serupa dengan kegiatan menabung, investasi juga memiliki konsep menyisihkan sejumlah uan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Namun, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih optimal melalui instrumen aset penanaman modal. Meskipun tabungan bersifat fleksibel, kamu akan mendapatkan bunga yang relatif lebih rendah daripada instrumen investasi berisiko rendah. Berikut merupakan perbandingannya yang wajib kamu ketahui.

Perbandingan antara Menabung dan Investasi

Biasanya, orang-orang menghindari risiko penanaman modal dengan mengalokasikan sebagian penghasilan ke rekening tabungan. Padahal, tabungan di bank juga bisa memiliki risiko lain, lho. Nilai mata uang di masa depan bisa saja mengalami penurunan. Selain itu, kamu juga harus menanggung biaya administrasi yang ditetapkan oleh pihak bank. 

Berbeda dengan tabungan di bank, ada beragam pilihan produk investasi yang mampu mengamankan kekayaanmu di masa yang akan datang dan memberikan imbal hasil optimal. Kamu bisa memilih produk yang tepat sesuai denga profil risikomu. Jika masih bingung soal profil risiko investasi, maka kamu bisa mengenalinya melalui artikel berikut: Kenali Jenis Profil Risiko Investasi, Kamu Termasuk Tipe Apa?

Prinsip penanaman modal itu memiliki efek compounding atau bunga yang membuat asetmu terus mengalami pertambahan nilai. Dengan begitu, asetmu akan lebih optimal nilainya dalam jangka panjang, sesuai dengan tujuan finansialmu. Investor juga berkesempatan mendapatkan pertambahan nilai yang lebih optimal di masa depan dengan mulai melakukan investasi rutin dari sekarang.

Contoh Perbandingan antara Menabung dan Investasi

Umumnya, orang yang menabung di rekening bank BUMN mendapatkan keuntungan 3,5% per tahun. Kamu dapat memperoleh imbal hasil optimal dengan mengalokasikan sebagian penghasilan ke berbagai produk penanaman modal yang tepat. Misalnya, kamu berinvestasi 100 ribu per bulan secara rutin selama 3 tahun. Rata-rata imbal hasil top 5 reksadana campuran di tanamduit di tahun 2022 itu menujukkan angka 7,6%. Jika kamu berinvestasi dalam kurun waktu 3 tahun dan konsisten mengalokasikan 100 ribu per bulan ke produk reksa dana campuran di tanamduit, maka kamu dapat memperoleh keuntungan hingga Rp273.600. Dengan begitu, total modal dan keuntunganmu sebesar Rp3.873.600 dalam waktu 3 tahun.

Sementara itu, kamu dapat memperoleh bunga di bawah 5% per tahun dan menanggung biaya administrasi dari pihak bank setiap bulannya. Misalnya, kamu rutin menabung di sebuah bank BUMN sebesar 100 ribu per bulan dengan biaya administrasi Rp5.500 ribu per bulan dan bunga 3,5% per tahun. Biaya administrasi setiap bulan juga dapat mengikis tabunganmu di rekening. Dengan begitu, jumlah tabungan serta suku bunga yang sudah dikurangi oleh biaya admin itu sejumlah Rp3.510.000 dalam kurun waktu 3 tahun.

Berdasarkan perbandingan tersebut, investasi lebih menguntungkan, bukan? Lalu, jenis produk penanaman modal apa yang cocok untuk pemula? Untuk itu, tanamduit kasih rekomendasi jenis produk yang tepat dengan modal 100 ribu per bulan melalui penjelasan berikut ini.

Rekomendasi Jenis Investasi 100 Ribu Per Bulan

1. Reksadana

Reksadana adalah salah satu produk penanaman modal yang memungkinkan investor berinvestasi dengan modal terjangkau tanpa memerlukan keahlian khusus dalam mengoptimalkan keuntungan. Ada manajer investasi profesional yang akan mengelola aset reksadana investor agar memperoleh imbal hasil optimal dan mencapai tujuan finansialnya. Investor hanya perlu mengalokasikan sebagian pendapatan secara rutin. Dalam hal ini, kamu bisa menerapkan strategi Dollar Cost Averaging melalui artikel berikut: Strategi Investasi Rutin, Apa Itu Dollar Cost Averaging?

Jadi, kamu juga bisa investasi 100 ribu per bulan ke produk reksa dana pilihanmu. Bahkan, semua orang bisa berinvestasi mulai dari 10 ribu secara online, lho. Di aplikasi tanamduit, semua orang berkesempatan investasi reksa dana, emas, dan Surat Berharga Negara (SBN) dengan praktis dan aman. Jangan khawatir, tanamduit sudah berizin dan diawasi oleh OJK. 

2. Emas

Emas menjadi produk penanaman modal paling aman dan populer di tengah masyarakat investor. Aset ini memiliki nilai cenderung naik dalam jangka waktu panjang dan nilainya mampu bertahan meskipun perekonomian dunia tidak stabil. Untuk itu, aset ini cocok sekali bagi investor pemula yang ingin mengamankan kekayaan dalam jangka panjang. 

Tenang saja, kamu bisa membeli emas secara online mulai dari 10 ribu, lho. Di aplikasi tanamduit, semua orang berkesempatan investasi emas digital maupun fisik mulai dari 10 ribu. Jadi, kamu juga bisa mengoptimalkan hasil investasi 100 ribu per bulan dalam jangka waktu panjang melalui instrumen emas.

3. P2P Lending

P2P Lending adalah instrumen penanaman modal dengan prinsip pinjam meminjam tanpa perantara bank atau lembaga lain secara online. Instrumen P2P Lending ini terdiri dari pemilik dana (lender) sebagai peminjam kredit kepada pelaku UMKM yang membutuhkan modal dan peminjam dana (borrower) mengajukan pinjaman dana bisnis. Peminjam dana juga bisa mengajukan pinjaman untuk bisnis, pendidikan atau perawatan kesehatan. 

Seorang pemilik dana dapat mendukung para pelaku UMKM mulai dari 100 ribu, lho. Prinsip P2P Lending ini memiliki standar khusus terkait kredit peminjaman hingga suku bunga bagi pemilik dana. Jadi, kamu bisa mengoptimalkan alokasi dana investasi 100 ribu per bulan ke instrumen ini. Namun, kamu harus memilih penyedia layanan P2P Lending yang sudah diawasi oleh OJK.

4. Saham

Saham adalah penyertaan modal yang memungkinkan investor dapat mengklaim kepemilikan usaha terbuka suatu perusahaan. Untuk melakukan penanaman modal instrumen ini, kamu juga bisa memulainya dengan modal 100 ribu per bulan. Namun, produk penanaman modal ini berisiko tinggi sehingga investor harus memiliki pemahaman lebih tentang pasar modal. 

Investor harus mempunyai skill dan kemampuan khusus agar dapat mendapatkan imbal hasil optimal. Dalam hal ini, kamu harus mengenali produk saham dengan fundamental yang baik dan memungkinkan kamu investasi mulai dari 100 ribu. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh return optimal.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu bisa mengoptimalkan keuntungan dengan investasi 100 ribu per bulan. Alokasi dana secara rutin dengan strategi Dollar Cost Averaging dapat membuatmu memperoleh imbal hasil optimal di masa yang akan datang. Jika membandingkan antara menabung biasa di rekening bank dengan investasi, maka kamu akan memperoleh keuntungan yang berbeda. Kalau ingin menyimpan uang saja, kamu bisa menabung di bank. Namun, kamu berkesempatan mengoptimalkan dana yang dikumpulkan dengan mengalokasikannya ke instrumen investasi pilihanmu. 

Sekarang, kamu bisa mulai memaksimalkan dana investasi 100 ribu per bulan di aplikasi tanamduit melalui produk reksa dana atau emas. tanamduit adalah aplikasi penyedia layanan investasi online yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Jadi, kegiatan investasimu bisa lebih praktis dan aman. Klik di sini untuk download aplikasi tanamduit. 

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile