Home » Siapa Bilang Investasi Surat Berharga Negara Nggak untung? Ini Dia 5 Keuntungannya!

Siapa Bilang Investasi Surat Berharga Negara Nggak untung? Ini Dia 5 Keuntungannya!

oleh | Feb 5, 2021

Surat Berharga Negara (SBN) ritel merupakan salah satu produk investasi yang diterbitkan dan dijamin pemerintah Republik Indonesia. Buat kamu yang nggak asing lagi dengan dunia investasi, SBN ritel mungkin pernah atau bisa jadi opsi diversifikasi investasi kamu. Investasi SBN ritel dinilai banyak orang cocok untuk seseorang yang ingin berinvestasi dengan risiko rendah dengan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan menaruh uang kita dalam bentuk deposito.

SBN ritel terdiri dari beberapa jenis, baik yang sifatnya konvensional, mau pun syariah. Jenis-jenis SBN ritel di antaranya adalah Savings Bond Ritel (SBR), Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan (ST), dan Sukuk Ritel (SR). Selain mendapatkan kupon/imbal hasil yang menarik, investasi pada Surat Berharga Negara bisa menjadi salah satu bentuk partisipasi kita untuk kemajuan negara ini lho, #temanduit!

Berikut tanamduit rangkumkan keuntungan-keuntungan investasi Surat Berharga Negara yang perlu kamu tahu.

 

1. Pajak SBN lebih rendah dibandingkan deposito

Tax via Freepik

Kalau dibandingkan dengan besaran pajak pada produk deposito, pajak dari produk SBN lebih rendah. Kalau kamu menaruh uang kamu dalam rekening deposito, kamu akan dikenakan pajak sebesar 20 persen atas bunga deposito yang kamu terima. Sementara itu, pajak yang dikenakan pada produk SBN hanya 15 persen atas kupon yang kamu terima.

 

2. Imbal hasil yang bersaing

Kalau dibandingkan dengan imbal hasil deposito, imbal hasil dari SBN relatif lebih tinggi. Besaran kupon (bunga) dari tiap seri produk SBN berbeda, karena nilainya akan disesuaikan dengan suku bunga Bank Indonesia (BI). Meskipun begitu, imbal hasil yang didapatkan dengan investasi SBN masih lebih baik dibandingkan deposito, mengingat pajak bunga deposito lebih tinggi dibandingkan pajak bunga SBN. Jadi, dengan berinvestasi SBN, kamu akan double untung, lho, karena kupon SBN lebih tinggi dan pajak kuponnya lebih rendah.

Berikut tanamduit simulasikan imbal hasil SBN (ORI019 vs Deposito):

Simulasi perhitungan imbal hasil SBN

 

3. Risiko investasi SBN yang rendah

Low risk via Deposit Photos

Berinvestasi di SBN sangat aman, karena pembayaran pokok dan kuponnya dijamin 100 persen oleh negara, sebagaimana dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Kamu akan mendapatkan imbal hasil dari investasi kamu rutin setiap bulannya, sesuai kupon yang tertera saat masa penawaran.

 

4. Aman dari fluktuasi pasar

Market fluctuation via Desjardins

Beberapa produk SBN sifatnya non-tradeable, seperti SBR dan ST aman dari fluktuasi pasar, karena memang tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder sehingga tidak ada potensi capital loss atau kerugian. Berbeda halnya dengan ORI dan SR yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Ketika kamu menjual ORI atau SR di pasar sekunder, ada kemungkinan kamu akan mendapatkan capital gain atau capital loss. Harga jual dari kedua surat berharga ini bergantung pada tingkat suku bunga Bank Indonesia. Misalnya, kamu jual ORI kamu saat suku bunga BI naik, otomatis harga jual ORI turun.

Nah, untuk menghindari risiko fluktuasi pasar seperti yang dijelaskan di atas, kamu bisa hold kepemilikan SBN kamu sampai jatuh tempo nantinya.

 

5. Bentuk kontribusi kamu terhadap pembangunan negara

Contribution via Freepik

Penerbitan SBN membuka peluang yang besar untuk kamu berkontribusi langsung dalam pembangunan negara dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tentunya, ada kebanggaan tersendiri dong dalam hati kita.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk kamu menunjukkan kontribusimu pada negara, khususnya pemulihan perekonomian akibat pandemi Covid-19 dengan berinvestasi pada produk ORI019! Kamu dapat membeli produk ORI019 di aplikasi tanamduit, lho! Prosesnya mudah dan praktis banget lho. Yuk, mulai investasi SBN  di tanamduit!

 

Penulis: Syafira Maulida

banner-download-mobile