Home » 5 Keuntungan Investasi Surat Berharga Negara (SBN), Apa Saja?

5 Keuntungan Investasi Surat Berharga Negara (SBN), Apa Saja?

oleh | Feb 25, 2022

Surat Berharga Negara (SBN) ritel merupakan salah satu produk investasi yang diterbitkan dan dijamin pemerintah Republik Indonesia. SBN ritel mungkin pernah menjadi opsi diversifikasi investasi kamu. Investasi ini menjadi pilihan yang tepat untuk investor yang ingin berinvestasi dengan risiko rendah dan mendapatkan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan mengalokasikan uang ke deposito.

Instrumen investasi SBN ritel memiliki dua jenis, yakni konvensional dan syariah. Jenis-jenis SBN ritel antara lain Savings Bond Ritel (SBR), Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan (ST), dan Sukuk Ritel (SR). Selain mendapatkan kupon/imbal hasil yang menarik, investasi pada Surat Berharga Negara bisa menjadi salah satu bentuk partisipasi kita untuk kemajuan negara ini lho, temanduit!

Keuntungan Investasi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

1. Pajak Lebih Rendah Dari Deposito

Pajak dari produk SBN lebih rendah daripada pajak deposito. Jika kamu menaruh uang kamu dalam rekening deposito, maka kamu harus menanggung beban pajak sebesar 20 persen atas bunga deposito yang kamu peroleh. Sementara itu, produk SBN menetapkan pajak hanya 10 persen atas kupon yang kamu terima. Hal tersebut membuat penawaran instrumen investasi ini dapat memberikan imbal hasil yang lebih baik daripada deposito.

2. Imbal Hasil Menarik

Jenis investasi ini menawarkan imbal hasil yang relatif lebih tinggi daripada deposito. Produk investasi ini memiliki besaran kupon (bunga) dari tiap seri produk SBN berbeda karena nilainya akan disesuaikan dengan suku bunga Bank Indonesia (BI). Investasi SBN juga menawarkan imbal hasil yang lebih menarik dibandingkan dengan deposito karena pajak bunga deposito lebih tinggi daripada pajak bunga SBN. Hal ini membuat investor memperoleh double untung, lho, karena kupon SBN lebih tinggi dan pajak kuponnya lebih rendah.

Berikut merupakan bentuk simulasi imbal hasil SBN (SR016 vs Deposito).

simulasi-hitung-keuntungan-sbn

3. Risiko Investasi Relatif Rendah

Risiko investasi ini merujuk pada risiko yang relatif rendah karena pembayaran pokok dan kuponnya dijamin 100 persen oleh negara. Pemerintah mengatur ketentuan investasi SBN ke dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Kamu akan mendapatkan imbal hasil rutin setiap bulannya, sesuai kupon yang tertera saat masa penawaran. Selain itu, investasi ini hampir tidak memiliki risiko gagal bayar.

4. Aman dari Fluktuasi Pasar

Investor perlu mengetahui bahwa  instrumen investasi ini memiliki produk yang sifatnya non-tradeable, seperti Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST). Seorang investor tidak perlu mengkhawatirkan fluktuasi pasar karena produk investasi ini aman karena tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder sehingga tidak ada potensi capital loss atau kerugian. Sementara itu, ORI dan SR menjadi produk yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder.

Jika kamu menjual produk Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI) atau Sukuk Ritel Indonesia (SR) atau Sukri di pasar sekunder, maka ada kemungkinan kamu akan mendapatkan capital gain atau capital loss. Harga jual kedua surat berharga tersebut bergantung pada tingkat suku bunga Bank Indonesia. Misalnya, kamu jual ORI kamu saat suku bunga Bank Indonesia (BI) naik, otomatis harga jual ORI turun. Kamu dapat hold kepemilikan SBN sampai jatuh tempo untuk menghindari risiko fluktuasi pasar.

5. Bentuk Kontribusi Untuk Pembangunan Negara

Penerbitan SBN membuka peluang yang besar untuk kamu berkontribusi langsung dalam pembangunan negara dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri, dong?

Sekarang, kamu bisa menunjukkan kontribusimu pada negara, khususnya pemulihan perekonomian akibat pandemi Covid-19 dengan berinvestasi Surat Berharga Negara. Kamu dapat membeli produk SBN dengan proses yang mudah dan praktis di aplikasi tanamduit, lho! tanamduit sudah dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI menjadi mitra distribusi resmi SBN sejak awal penerbitannya secara online pada tahun 2018. Yuk, mulai investasi SBN  di tanamduit!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile