Home » 5 Manfaat dan Cara Membuat Perencanaan Keuangan yang Mudah

5 Manfaat dan Cara Membuat Perencanaan Keuangan yang Mudah

oleh | Mar 21, 2022

5 Manfaat Membuat Perencanaan Keuangan

Berikut adalah ringkasan singkat dari manfaat perencanaan keuangan yang kamu siapkan untuk masa depan lebih aman dan tenang, di antaranya:

1. Alokasi keuangan lebih bijak

2. Produktivitas meningkat

3. Hidup lebih bahagia dan tenang

4. Memiliki dana darurat

5. Mencapai kebebasan finansial

Adapun cara membuat perencanaan keuanganmu menjadi mudah yaitu:

1. Kenali tujuan perencanaan keuanganmu

2. Buat prioritas pengalokasian gajimu

3. Catat setiap pos pengeluaran

4. Melakukan evaluasi keuangan

5. Rutin berinvestasi

Perencanaan keuangan atau financial planning adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan finansial seseorang secara terencana. Tujuan finansial ini dapat berupa tujuan hidup seseorang yang hendak dicapai, seperti mempersiapkan dana darurat, menikah, pensiun di hari tua, punya kendaraan pribadi, ibadah haji, dan tujuan lainnya. Persiapan ini juga dapat membantu semua orang dari berbagai kalangan untuk mewujudkan kesejahteraan finansial dan bebas dari lilitan utang atau penipuan.

Strategi ini bisa memudahkanmu dalam mengelola keuangan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mempersiapkan dana di masa depan. Dalam hal ini, seseorang dengan strategi keuangan yang baik dapat lebih mudah beradaptasi dan mampu mempertimbangkan setiap keputusan atas tujuan hidupnya. Untuk itu, kamu harus mengenali manfaat dan cara membuat perencanaan keuangan yang mudah dan tepat melalui penjelasan berikut.

Manfaat Perencanaan Keuangan

1. Alokasi Keuangan Lebih Bijak

Seseorang dengan perencanaan keuangan yang baik akan lebih bijak dalam mengalokasikan penghasilan ke berbagai pos pengeluaran. Adanya persiapan ini juga mampu mengarahkanmu untuk membuat keputusan finansial dengan pertimbangan efek jangka pendek dan jangka panjang. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah beradaptasi atas perubahan di hidupmu. Selain itu, orang dengan pesiapan pengeluaran yang baik akan terbiasa hidup hemat dan mampu mengoptimalkan penghasilan untuk hal bermanfaat. 

2. Produktivitas Meningkat

Adanya perencanaan keuangan bisa membuat produktivitasmu meningkat. Orang yang selalu mempersiapkan rencana pengeluarannya dapat menyusun skala prioritas sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu untuk mengelola pengeluaran setiap bulan dan tetap mempersiapkan dana darurat di masa yang akan datang. 

3. Hidup Lebih Bahagia

Hidup akan lebih bahagia tanpa harus memusingkan bayar cicilan kredit atau utang, bukan? Adanya financial planning akan membuatmu fokus pada pengeluaran pokok dan mengurangi beli barang dengan sistem pembayaran kredit. Dengan mengoptimalkan penghasilan dan perencanaan keuangan yang matang, kamu tidak perlu mencari pinjaman di akhir bulan. Kamu pun bisa hidup lebih tenang tanpa kekhawatiran lagi dalam mencukupi kebutuhan hidup.

4. Memiliki Dana Darurat

Orang dengan persiapan finansial akan terbiasa menyiapkan dana darurat, asuransi, hingga dana kebutuhan lainnya. Umumnya, mereka mengalokasikan dana tersebut ke instrumen investasi agar lebih optimal di masa yang akan datang. Selain itu, adanya dana darurat dan asuransi juga mampu melindungi dari segala kondisi tidak terduga. Dalam hal ini, kamu harus memilih instrumen investasi sesuai dengan tujuan, kebutuhan, profil risiko hingga jangka waktu investasi. Dengan begitu, aset investasimu dapat memberikan keuntungan optimal di masa yang akan datang.

5. Mencapai Kebebasan Finansial

Adanya persiapan ini bisa membantumu dalam mencapai kebebasan finansial dan mewujudkan impianmu. Kegiatan financial planning yang baik dan benar dapat membuatmu semangat mempersiapkan dana di masa yang akan datang. Hidupmu di masa kini dan masa depan akan lebih terjamin dengan adanya dana darurat dari sebagian penghasilan bulanan. 

Cara Membuat Perencanaan Keuangan yang Mudah

1. Kenali Tujuan Keuanganmu

Perencanaan keuangan harus sejalan dengan tujuan keuanganmu di masa yang akan datang. Misalnya, kamu ingin membeli mobil, mempersiapkan dana pernikahan, menyiapkan dana darurat, dan tujuan keuangan lainnya. Financial planning bisa memudahkanmu dalam mengontrol  pengeluaran dan fokus pada pos pengeluaran yang penting. Seseorang dengan gaji besar maupun kecil juga dapat memenuhi tujuan keuangan dengan persiapan yang matang dan teratur agar menghasilkan pencapaian maksimal.

2. Buat Prioritas Pengalokasian Gaji

Selanjutnya, kamu harus mengenali kondisi finansial dan membuat daftar prioritas alokasi gaji setiap bulan. Dalam hal ini, kamu perlu melihat jenis kebutuhan sesuai tingkat kepentingannya, seperti kebutuhan pokok, sekunder, hingga tersier. Kamu juga harus mengenali kebutuhan berdasarkan waktunya, seperti kebutuhan yang mendesak dan kebutuhan dalam situasi yang tidak terduga. 

Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan metode alokasi yang tepat. Umumnya, masyarakat menggunakan metode alokasi gaji 50/30/10. Metode tersebut berupa 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan sekunder, dan 20% untuk tabungan dan investasi sebagai persiapan dana darurat. Bagi orang yang berkeluarga, kamu bisa menyesuaikan alokasi gaji sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa mengenali caranya melalui artikel berikut: Tips Jitu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Anti Boros.

3. Catat Setiap Pos Pengeluaran

Setelah mengenali prioritas pos pengeluaran, kamu juga harus mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran setiap bulan. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan besar pengeluaran agar tidak melebihi gaji bulanan. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengenali kesehatan keuanganmu. Sebelum belanja, kamu bisa membuat daftar rencana belajar sehingga kamu fokus membeli kebutuhan yang penting dan berhemat.

Sekarang, kamu bisa melakukan pencatatan di berbagai aplikasi catatan keuangan sehingga pencatatan pengeluaran bisa lebih praktis dan rapi.

4. Melakukan Evaluasi Keuangan 

Berdasarkan hasil catatan pos pengeluaran, kamu bisa melakukan evaluasi untuk memastikan alokasi gaji sudah bijak. Jika menemukan pos pengeluaran yang kurang penting atau penggunaan kartu kredit berlebihan, kamu bisa memperbaiki pola pengelolaan keuangan menjadi lebih baik. Adanya monitoring secara rutin bisa membuat perencanaan keuangan efektif. Dalam hal ini, kamu bisa mengecek keuangan setiap periode tertentu, seperti 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan sekali, atau sesuai kebutuhanmu.

5. Rutin Investasi Setiap Bulan

Di samping menyiapkan tabungan, kamu juga harus mulai berinvestasi untuk mencapai tujuan finansial. Imbal hasil investasimu dapat menjaga nilai asetmu di masa yang akan datang. Sekarang, semua orang berkesempatan untuk berinvestasi dengan aman, mudah, dan praktis melalui satu aplikasi secara online. Jenis instrumen investasi pun beragam, seperti reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), saham, deposito, dan jenis investasi lainnya. 

Salah satu aplikasi penyedia layanan investasi secara online adalah tanamduit. Kamu bisa memilih instrumen investasi sesuai kebutuhan, tujuan investasi, profil risiko, hingga jangka waktu investasi. Jangan sampai terjebak investasi bodong ya! Agar tidak salah pilih, kamu bisa simak artikel berikut: 7 Jenis Investasi Aman Bagi Pemula, Waspada Investasi Bodong!

Kesimpulan

Perencanaan keuangan atau financial planning adalah strategi untuk mencapai tujuan keuangan pribadi atau bisnis. Persiapan alokasi keuangan ini memiliki banyak manfaat, diantaranya mampu mengatur keuangan dengan bijak, meningkatkan produktivitas, hidup lebih bahagia, mempersiapkan investasi jangka panjang, hingga mencapai kebebasan finansial. 

Semua orang juga bisa membuat perencanaan dengan mudah mulai dari hal kecil. Kamu bisa mulai mengenali tujuan keuangan, membuat prioritas pengeluaran, mencatat setiap pos pengeluaran, melakukan evaluasi pengeluaran, hingga rutin investasi. Untuk memulai investasi, kamu bisa memilih jenis investasi sesuai dengan kebutuhan, profil risiko, tujuan investasi, dan jangka waktu investasi. 

Jika ingin berinvestasi reksa dana, emas, atau Surat Berharga Negara (SBN), kamu bisa download aplikasi tanamduit. Aplikasi tanamduit sudah memiliki izin dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, semua orang bisa investasi secara online di aplikasi tanamduit dengan aman dan praktis!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile