Home » SBR Adalah Investasi Menguntungkan? Cek Faktanya Di Sini!

SBR Adalah Investasi Menguntungkan? Cek Faktanya Di Sini!

oleh | Mei 11, 2022

Sejak perilisannya secara online tahun 2018, penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas. SBN adalah produk investasi yang pemerintah terbitkan dengan tujuan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berkontribusi dalam pembangunan negara. Salah satu jenis SBN yang cukup menarik minat masyarakat adalah Savings Bond Ritel (SBR). Berbeda dengan Obligasi Negara Ritel (ORI) SBR adalah jenis SBN konvensional yang imbal hasilnya floating with floor. 

Mau tahu lebih lanjut mengenai SBR? Yuk, kita kupas tuntas pengertian, karakteristik, dan keuntungannya pada artikel berikut!

Pengertian SBR

SBR adalah salah satu jenis Surat Utang Negara (SUN) atau SBN yang khusus ditawarkan untuk individu atau perseorangan sehingga terdapat istilah ritel pada Savings Bond Ritel. SBR, sesuai dengan namanya sifatnya mirip dengan tabungan atau deposito bank, karena tidak dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder. Artinya, jenis SBN satu ini hanya dapat kamu beli saat masa penawarannya saja dan investor tetap hold kepemilikannya sampai masa jatuh tempo. Namun, nggak usah khawatir, jika ingin mencairkan sebagian kepemilikanmu sebelum tanggal jatuh tempo, investor dapat memanfaatkan fasilitas early redemption (pencairan awal) maksimal 50% dari total investasi. Biasanya, pencairan awal dapat kamu lakukan setelah satu tahun berinvestasi SBR.

Karakteristik Karakteristik SBR

Ada beberapa karakteristik savings bond ritel yang perlu kamu ketahui:

1. Ditawarkan secara individual atau ritel kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Pengelolaannya menggunakan prinsip konvensional

3. Investor dapat membelinya mulai dari nominal yang cukup terjangkau, mulai dari Rp1 juta

4. Tenor 2 tahun

5. Jenis imbal hasil mengambang dengan batas minimal (floating with floor), artinya pada perilisannya pemerintah akan mengumumkan batas bawah kupon/imbal hasil (floor). Jika suku bunga acuan Bank Indonesia naik, imbal hasil yang kamu dapat akan naik. Akan tetapi, kalau suku bunga turun, imbal hasil yang kamu terima tidak akan turun, melainkan mengikuti batas bawah kupon yang telah pemerintah tetapkan. Jadi, imbal hasil yang kamu terima bisa naik, tapi nggak bisa turun

6. Pembayaran imbal hasil rutin tiap bulan ke rekening investor

7. Tidak dapat memperjualbelikan kepemilikan di pasar sekunder, tetapi bisa kamu cairkan lebih awal pada periode early redemption yang telah DJPPR Kemenkeu tentukan saat tanggal perilisan

Keuntungan Investasi SBR

Di akhir bulan Mei 2022 ini, pemerintah akan merilis SBR seri kesebelasnya, yaitu SBR011. Berikut adalah kelebihan dari investasi SBR yang wajib kamu ketahui sebelum periode penawaran akhir Mei nanti.

1. Keuntungan Lebih Tinggi dari Deposito

SBR bisa jadi salah satu alternatif yang lebih menguntungkan bagi kamu yang suka menaruh uang dalam bentuk deposito. Rata-rata bunga deposito buku IV tahun 2022 adalah 2,3%. Kupon SBR011 yang akan terbit akhir Mei mendatang belum diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI (DJPPR Kemenkeu). Imbal hasil dari SBR akan kamu terima setiap bulannya di rekening bank kamu yang terdaftar.

2. Risiko Sangat Rendah, Dapat Jaminan Negara

Salah satu keunggulan utama dari produk-produk SBN, termasuk SBR adalah risikonya yang sangat minim. Bagi orang-orang dengan profil risiko konservatif yang takut dengan risiko investasi, nggak perlu khawatir, karena dana investasi dan kupon (imbal hasil) yang kamu dapat setiap bulannya mendapat jaminan langsung dari negara. Makanya, kamu bisa terhindar dari risiko gagal bayar jika berinvestasi pada instrumen satu ini.

3. Pajak Lebih Rendah 50% dari Pajak Deposito

Bagi kamu yang sudah biasa menaruh uang dalam bentuk deposito tentu tahu, kalau bank akan mengenakan pajak sebesar 20% dari bunga depositomu. Berbeda halnya dengan SBR yang pajaknya hanya 10%, setengahnya dari pajak deposito. Dengan pajak yang lebih rendah, otomatis investasi pada SBR jauh lebih menguntungkan, bukan?

4. Ada Fasilitas Pencairan Lebih Awal (Early Redemption)

Kalau kita lihat dari namanya, produk satu ini sifatnya mirip dengan tabungan atau deposito di bank sehingga tidak dapat kamu perjualbelikan kembali di pasar sekunder. Jadi, kamu harus hold kepemilikan SBR sampai jatuh tempo.

Namun, bagi kamu yang ingin mencairkan kepemilikan SBR-mu lebih awal, nggak perlu khawatir karena ada fasilitas early redemption. Biasanya DJPPR Kemenkeu akan mengumumkan tanggal-tanggal penting, termasuk tanggal early redemption setiap penerbitan SBN. Kamu dapat mencairkan kepemilikan SBR maksimal 50% dari total investasimu.

5. Bentuk Kontribusi Untuk Negara

Tujuan penerbitan SBN adalah membuka kesempatan seluas-luasnya kepada Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berkontribusi dalam pembiayaan pembangunan negara. Jadi, selain mendapatkan imbal hasil berupa kupon per bulannya, kamu juga turut berkontribusi untuk negara.

Cara Membeli Savings Bond Ritel

Produk SBN, termasuk savings bond ritel, dapat kamu beli saat masa penawaran berlangsung. Kamu dapat mengecek jadwal penerbitan SBN pada situs resmi DJPPR Kemenkeu RI atau dapat mengecek jadwal SBN selengkapnya pada artikel berikut.

Baca juga: Jadwal SBN (Surat Berharga Negara) [Update 2022]

SBR dapat kamu beli melalui mitra distribusi resmi pada saat masa penawarannya. tanamduit menjadi salah satu midis yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI sejak SBN pertama kali rilis secara online pada tahun 2018 silam. Kamu dapat membaca panduan lengkap mengenai cara berinvestasi SBN pada artikel berikut: Tutorial Lengkap: Cara Beli SBN Untuk Pemula

Kesimpulan

Investasi SBR adalah salah satu opsi yang lebih menguntungkan daripada menaruh uang dalam bentuk tabungan maupun deposito dan mendapatkan jaminan langsung oleh negara. Jadi, risiko investasinya sangatlah kecil. Oleh karena itu, produk ini cocok bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi dengan risiko rendah ataupun investor yang ingin melakukan diversifikasi portofolio investasi.

Yuk, mulai investasi SBN di tanamduit sekarang!

 

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile