Beranda » belajar » Inspirasi » 9 Tips Persiapan Belanja Ramadhan Lebih Hemat dan Praktis

9 Tips Persiapan Belanja Ramadhan Lebih Hemat dan Praktis

oleh | Mar 29, 2023

Menjelang bulan puasa, kamu perlu mengenali beberapa tips persiapan belanja Ramadhan yang lebih hemat dan praktis. Biasanya, biaya bahan makanan pokok sering mengalami kenaikan di bulan puasa. 

Untuk itu, kamu perlu mengelola keuangan dengan baik dan mempersiapkan strategi belanja selama bulan puasa. 

Baca juga: Cara Menghemat Uang di Bulan Puasa Paling Gampang

Apalagi, kamu harus menyiapkan makanan dan beragam kebutuhan yang mampu menunjang kegiatan ibadah puasa. Pastikan kebutuhanmu terpenuhi dan kesehatanmu tetap prima selama bulan Ramadhan.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan di bulan Ramadhan?

Tips Persiapan Belanja Ramadhan

  1. Buat strategi alokasi gaji
  2. Buat rencana menu makanan
  3. Siapkan daftar belanja Ramadhan
  4. Belanja dalam jumlah banyak
  5. Stok makanan khas Ramadhan
  6. Manfaatkan promo Ramadhan
  7. Utamakan belanja kebutuhan pokok
  8. Tentukan budget jajan buka puasa
  9. Tetap sisihkan biaya sedekah

Tips Persiapan Belanja Ramadhan Lebih Hemat dan Praktis

Agar bisa lebih hemat anti ribet, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini. Dengan begitu, se

1. Buat Strategi Alokasi Gaji

Pertama, kamu harus mengenali kondisi finansial dan membuat strategi alokasi gaji yang efektif. Apalagi, kamu punya rencana memberikan hampers Ramadhan untuk orang terdekat dan menyiapkan dana mudik Lebaran nantinya. Berarti, pos pengeluaran juga harus sesuai dengan pemasukan dan kebutuhan utama.

Sebagai strategi yang mudah, kamu bisa coba metode 50/30/20 atau alokasikan penghasilan 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk investasi dan sedekah. 

Baca juga: Cara Jitu Mengatur Keuangan Pakai Metode 50-30-20, Gampang! 

Prioritas utama adalah memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Alokasi 30% keinginan dapat kamu gunakan untuk membeli baju muslim, buka puasa bersama teman-teman, belanja sambil ngabuburit, atau berbagi hampers. Nah, 20% lainnya untuk investasi rutin ke dana darurat atau tujuan investasi lain dan sedekah.

2. Buat Rencana Menu Makanan

Persiapan belanja Ramadhan selanjutnya adalah membuat rencana menu makanan. Adanya perencanaan ini membuatmu lebih bijak dalam membeli kebutuhan sahur dan berbuka puasa. 

Kamu tidak akan bingung akan memasak makanan apa dan kebutuhan bahan masakan bisa siap lebih awal di daftar belanjaan. Apalagi, memasak makanan sendiri bisa lebih hemat daripada beli makanan di luar rumah. 

Memasak di rumah juga bisa menjadi kegiatan bermanfaat selagi menunggu waktu berbuka, lho. Selain hemat pengeluaran konsumsi, kamu juga bisa melakukan eksplorasi beragam menu makanan sahur dan berbuka di rumah.

Nah, kamu bisa menyiapkan menu makanan sahur dan berbuka harian atau mingguan. Bahan masakannya pun bisa kamu siapkan lebih awal dengan berbelanja mingguan atau bulanan agar lebih hemat.

3. Siapkan Daftar Belanja Ramadhan

Setelah menentukan menu masakan, kamu bisa menyusun kebutuhan bahan makanan apa yang dibutuhkan. Di samping bahan masakan, perlu juga menyiapkan daftar kebutuhan lainnya di rumah. 

Pastikan daftar belanjaan ini sesuai dengan kebutuhan dan tidak membelinya berlebihan. Sebelum pergi ke supermarket atau toko tujuanmu, periksalah bahan makanan yang ada di rumah. Jadi, kamu tidak akan membeli bahan makanan yang belum diolah.

4. Belanja dalam Jumlah Banyak

Di bulan puasa, harga bahan pokok dan kebutuhan lainnya akan naik seiring mendekati hari raya. Baiknya, kamu langsung belanja dalam jumlah banyak dalam satu waktu sesuai dengan daftar belanjaan. 

Biasanya, ada potongan harga atau penawaran menarik lainnya saat membeli barang dalam jumlah banyak di berbagai toko grosir atau supermarket terdekat. Selain itu, kamu juga tidak perlu bolak-balik berbelanja yang cukup menguras energi saat berpuasa.

5. Stok Makanan Sahur dan Berbuka

Selain belanja langsung dalam jumlah banyak, kamu juga bisa menyiapkan stok makanan khas Ramadhan. Misalnya, siapkan persediaan kurma, sirup, madu, dan makanan khas berbuka lainnya. Apalagi, kamu punya menu khusus yang biasa disajikan saat berbuka puasa.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan frozen food atau makanan olahan lain yang mudah dikonsumsi saat sahur. Waktu sahur yang singkat seringkali membuatmu punya waktu terbatas untuk makan dan minum. Untuk itu, kebutuhan sahur tetap terpenuhi dengan makanan yang mudah disantap.

6. Manfaatkan Promo Ramadhan

Saat melakukan persiapan belanja Ramadhan, kamu bisa mencari tahu berbagai promo Ramadhan menarik. Umumnya, supermarket atau tempat perbelanjaan lainnya memberikan harga terbaik menjelang bulan puasa. Misalnya, promo buy 1 get 1, diskon, bundling, atau reward khusus. 

Selain itu, metoda pembayaran kartu kredit atau dompet digital kerap memberikan potongan harga yang menggiurkan. Biasanya, ada juga bonus dari tukar poin atau cashback dari metode pembayaran tertentu.

Nah, pantau terus media sosial supermarket atau akun informasi promo untuk mendapatkan penawaran menarik, ya. Pantau juga informasi promo di aplikasi dompet digitalmu.

7. Utamakan Belanja Kebutuhan Pokok

Seringkali, belanja bulanan membuat orang boros. Apalagi, seringkali ada promo Ramadhan yang bikin kalap sampai lupa beli kebutuhan utama. Untuk itu, kamu perlu menyusun prioritas pengeluaran. Pastikan utamakan beli kebutuhan pokok dulu, ya!

8. Tentukan Budget Jajan Buka Puasa

Sebelum berbuka puasa, banyak orang tergoda berbelanja atau jajan makanan berbuka. Padahal, kamu tidak terlalu menginginkannya dan hanya keinginan sesaat saja. Untuk Salah satu untuk mengontrol keinginan jajan ini, kamu bisa menetapkan budget khusus.

Seringkali, puasa menjadi momen terbaik untuk bertemu dengan kawan lama, kerabat, atau orang terdekat. Nah, godaan untuk mengiyakan ajakan buka puasa bersama juga kerap membuatmu lebih boros. 

Tetapkan juga budget buka puasa bersama. Jadi, pos pengeluaran untuk belanja di bulan Ramadhan tidak akan melebihi pemasukan.

9. Tetap Sisihkan Biaya Sedekah

Menyambut bulan puasa, banyak orang yang mencari tahu, bagaimana cara mendapat berkah di bulan Ramadhan? Salah satunya adalah bersedekah. Sedekah menjadi salah satu kegiatan bermanfaat penuh berkah bagi orang yang melakukannya.

Baca juga: Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Penuh Berkah Bagi Umat Islam

Besaran sedekah pun tidak selalu harus dalam jumlah besar. Asalkan, kamu tetap rutin menyisihkan sebagian penghasilan untuk bersedekah dan berbagi kepada sesama di bulan baik.

Kesimpulan

Persiapan belanja ramadhan yang utama adalah mengenali kondisi keuangan dan mengatur strategi alokasi gaji. Dengan begitu, kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan pokok di bulan puasa, bisa memenuhi keinginan, dan tetap bisa sedekah.

Apalagi, sedekah di bulan Ramadhan bisa membawa hal baik dalam hidupmu. Jangan lupa untuk tetap menyiapkan dana darurat dan berinvestasi demi mencapai tujuan finansialmu. 

Selain bersedekah kepada orang yang membutuhkan, banyak orang yang mengirimkan hampers atau hadiah Ramadhan untuk orang tersayang. Jika ingin mengirimkan hadiah lebaran yang bermanfaat dan unik, kmaka kamu bisa mengirimkan emas cetak edisi Idul Fitri.

Di aplikasi tanamduit, kamu bisa cetak emas dengan desain edisi hari Raya, perayaan khusus atau pakai desain sendiri mulai dari ukuran 0,01 gram. Produknya pun lengkap dengan sertifikat logam mulia 24K 99,9%. 

emas edisi khusus lebaran 2023

Tenang aja, tanamduit adalah aplikasi penyedia layanan investasi emas, reksadana, dan SBN yang sudah berizin dan berada di bawah pengawasan OJK.

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile