Home » Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil, Pasti Hemat!

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil, Pasti Hemat!

oleh | Mar 11, 2022

Memiliki gaji kecil untuk memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan menjadi tantangan tersendiri. Perlu usaha keras dan strategi jitu untuk mengatur keuangan pribadi agar segala kebutuhan bisa terpenuhi dan tetap bisa menabung dan investasi. Ada beberapa cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang bisa kamu terapkan agar bisa berhemat. Simak penjelasannya pada artikel berikut, ya!

1. Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran bisa menjadi langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil. Berdasarkan catatan pengeluaran bulananmu, kamu bisa mengetahui mana pengeluaran yang sifatnya penting dan tidak penting. Hal ini akan mempermudah kamu dalam membuat anggaran bulanan sebagai acuan kamu dalam mengelola keuangan ke depannya.

2. Buat Anggaran Bulanan

Setelah melakukan pencatatan keuangan secara rutin, kamu bisa membuat anggaran bulanan sebagai acuan pengelolaan keuangan. Sederhananya, dengan gaji kecil kamu bisa membuat alokasi gaji sederhana sebagai berikut: cara-mengatur-keuangan-pribadi-dengan-gaji-kecil Misalnya pendapatan kamu Rp2 juta, apabila menggunakan rumus alokasi gaji di atas, contoh rinciannya sebagai berikut:
  1. Kebutuhan pokok, bayar listrik, kos, internet 65% (Rp1.300.000,-)
  2. Dana darurat 10% (Rp200.000,-)
  3. Tabungan/investasi 10% (Rp200.000,-)
  4. Self reward 10% (Rp200.000,-)
  5. Sedekah 5% (Rp100.000,-)
Kamu bisa baca tips mengatur gaji 2 juta selengkapnya pada artikel berikut: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta, Gampang!

3. Bebaskan Diri dari Utang dan Cicilan

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tetap sehat satu ini cukup krusial, nih. Dengan gaji pas-pasan, memiliki utang atau cicilan rutin setiap bulannya tentu menguras gaji. Biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun berkurang dan bisa saja habis sebelum waktunya. Akhirnya, kamu jadi berutang lagi untuk memenuhi kebutuhanmu. Jadi gali lubang, tutup lubang, bukan? Hindari pembelian barang konsumtif seperti gadget, kendaraan bermotor, elektronik secara kredit untuk membebaskan diri dari utang atau cicilan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menabung terlebih dahulu dan membeli barang tersebut secara tunai saat tabunganmu cukup

4. Gunakan Promo dan Voucher

Salah satu upaya untuk menghemat anggaran belanja adalah memanfaatkan periode promo, baik pembelian langsung di toko mau pun e-commerce. Kamu bisa memanfaatkan momen diskon dan voucher cashback untuk mendapatkan harga lebih murah saat berbelanja.

5. Jual Barangmu yang Tidak Terpakai

Sering kali secara tidak sadar kita membeli barang yang kurang penting dan jarang kita pakai pada akhirnya. Kamu bisa bongkar seisi kamarmu, kira-kira ada nggak, sih, barang yang masih layak pakai dan bisa dijual? Setelah terkumpul dan terjual, uang hasil penjualannya bisa kamu masukan ke dalam tabungan atau rekening investasimu.

6. Beli Barang Bekas

Cara lainnya untuk berhemat dengan gaji kecil adalah dengan memilih untuk membeli barang bekas yang masih layak pakai dibandingkan beli baru. Sebagai contoh, kamu bisa thrifting baju kerja yang masih layak pakai, membeli alat elektronik bekas, hingga peralatan dapur. Ini bisa jadi cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang bisa kamu coba juga, lho.

7. Gunakan Kendaraan Umum

Dengan gaji yang terbatas, kamu mungkin belum bisa membeli kendaraan pribadi. Jadi, dibanding kamu memaksakan diri untuk membeli motor secara kredit, kamu bisa menekan pengeluaran dengan naik kendaraan umum dengan tarif terjangkau seperti angkot, KRL, atau transjakarta.

8. Jaga Kesehatan

Nggak bisa kamu pungkiri bahwa kesehatan itu mahal harganya. Kalau sewaktu-waktu jatuh sakit, kita nggak akan tahu pasti berapa besar biaya berobatnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat, ya, untuk menghindari pengeluaran besar untuk biaya berobat di kemudian hari

9. Siapkan Dana Darurat

Hidup selalu banyak kejutan dan sulit untuk diprediksi. Kita tidak pernah tahu kapan hal baik atau hal buruk terjadi dalam hidup kita. Untuk mengantisipasi kejadian buruk atau musibah di masa mendatang, kamu perlu mengalokasikan sebagian gaji untuk tabungan dana darurat. Jadi, sewaktu-waktu ada kejadian tidak terduga yang membutuhkan biaya tidak sedikit, kamu bisa menggunakan tabungan dana darurat tersebut.

10. Optimalkan tabungan dengan investasi

Nabung pangkal kaya, kata pepatah. Rasanya pepatah tersebut sudah nggak relevan lagi, ya, kalau kamu sudah mengenal dunia investasi. Uang kamu di tabungan memang bertambah setiap bulannya kalau kamu rutin menabung, namun bertambah belum berarti bertumbuh, lho~ Investasi menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan keuangan dan impian kamu di masa mendatang. Selain itu, investasi juga membuat uangmu bertumbuh dari waktu ke waktu. Berbeda halnya dengan menabung dengan cara konvensional, baik di celengan maupun di bank. Uangmu tidak akan bertumbuh, bahkan dikurangi biaya administrasi dan pajak dari bank. Reksadana dan emas jadi produk investasi yang cocok untuk pemula dengan modal kecil. Di tanamduit, mulai dari Rp10 ribu saja, kamu bisa mulai investasi reksadana dan emas, lho. Ketahui lebih lanjut mengenai reksadana pada artikel berikut: Apa Itu Reksadana? Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya! dan  Baca juga mengenai investasi emas pada artikel berikut: Belajar Investasi Emas dari Awal Untuk Pemula Serta Cara Memulainya

Kesimpulan

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil memang tidak mudah, tetapi kamu pasti bisa melakukannya. Selama kamu disiplin menerapkan beberapa tips mengatur keuangan pribadi di atas, kondisi finansialmu akan tetap terjaga dengan baik. Meskipun gaji kamu kecil, tetap berusahalah untuk menabung dan investasi walaupun sedikit. tanamduit menyediakan produk reksadana dan emas yang dapat kamu beli dengan nominal sangat terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja. Yuk, mulai investasi di tanamduit sekarang!
Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile