Beranda » belajar » Perencanaan Keuangan » Mau Nikah? Wajib Tahu Modal Nikah yang Harus Dipersiapkan!

Mau Nikah? Wajib Tahu Modal Nikah yang Harus Dipersiapkan!

oleh | Okt 27, 2023

Menikah dan berkeluarga adalah salah satu tujuan hidup yang ingin dicapai banyak orang. Modal nikah membutuhkan banyak persiapan, baik mental maupun finansial. Nikah nggak semata-mata hanya bermodalkan niat ingin membuka lembaran baru dengan seseorang yang kita cintai, tetapi butuh persiapan yang mapan. Tonton video berikut sebagai awalan:

Nah, berikut adalah rincian modal nikah selengkapnya!

1. Biaya Hantaran dan Seserahan

Seserahan merupakan simbolis yang diharapkan dapat membawa hal-hal baik bagi pasangan. Umumnya, barang-barang yang menjadi seserahan memiliki makna tertentu. Contoh barang seserahan di antaranya alat shalat, perhiasan, skincare dan bodycare, pakaian, sepatu, dll. Sementara itu, hantaran umumnya berupa makanan yang dapat dinikmati oleh keluarga, baik dari pihak mempelai wanita maupun laki-laki. Contoh hantaran di antaranya roti buaya, wajik ketan, lemper, dsb. Biaya yang perlu kamu siapkan untuk hantaran dan seserahan bervariasi, tergantung jumlah barang, merek, serta gramasi perhiasan. Sebagai estimasi seserahan dan hantaran sederhana, kamu bisa siapkan uang sekitar Rp5–7 juta.

2. Biaya Mahar atau Mas Kawin

Tidak kalah penting dengan hantaran dan seserahan, modal nikah yang cukup krusial lainnya adalah biaya mahar atau mas kawin. Mahar adalah harta yang pihak laki-laki berikan kepada mempelai wanita. Umumnya, mahar berupa seperangkat alat shalat dan perhiasan atau logam mulia (emas batangan). Jumlah gramasi emas bisa disesuaikan dengan kemampuan. Misalnya, dari pihak laki-laki ingin memberikan mahar logam mulia senilai 10 gram. Berdasarkan harga emas di aplikasi tanamduit, harga per gram emas ANTAM per 17 Oktober 2022 adalah Rp873.263,- per gram. Jadi, jika maharmu berupa emas batangan senilai 10 gram, budget yang kamu siapkan kira-kira sebesar Rp9 juta.

Baca juga: Millenial & Gen-Z, Catat 10 Cara Untuk Beli Rumah Ini

3. Biaya KUA

Menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) sebenarnya tidak dikenakan biaya jika diadakan di hari kerja (Senin–Jumat). Jika acaranya diselenggarakan di hari libur, calon pengantin akan dikenakan biaya sebesar Rp600 ribu. Biaya tersebut di luar uang saku untuk penghulu yang biasanya keluarga mempelai berikan seikhlasnya sebagai bentuk ucapan terima kasih.

4. Biaya Cincin Kawin

Cincin kawin merupakan simbol penting dalam sebuah pernikahan sehingga susah-susah gampang untuk menentukan mana yang cocok. Harga cincin tergantung model, brand, berat, dan bahannya. Kamu bisa diskusikan bersama pasangan terkait hal ini agar tidak salah pilih. Estimasi harga sepasang cincin kawin cukup beragam, mulai dari Rp1 juta.

5. Biaya Wedding Organizer

Jika kamu maupun pasanganmu sibuk dengan pekerjaan dan nggak mau ambil pusing terkait persiapan pernikahan, menggunakan jasa wedding organizer (WO) adalah solusinya. WO dapat membantu kamu, mulai dari persiapan hingga hari pelaksanaan. Pastikan kamu membaca serta menanyakan informasi layanan WO secara mendetail. Biaya jasanya cukup beragam, mulai dari Rp10 jutaan. 

6. Biaya Gedung

Generasi millenial umumnya lebih suka menyelenggarakan acara pernikahan di gedung daripada di rumah. Namun, menemukan gedung yang sesuai budget dan selera terkadang susah-susah gampang. Jika budget kamu terbatas, kamu bisa menyelenggarakan acara di aula masjid maupun gedung serbaguna dekat rumahmu. Biasanya sewa gedung per hari berkisar Rp5 juta. Kalau kamu ingin menikah di gedung perkantoran dengan lokasi strategis dan kapasitas besar s.d. 1000 orang, tentu harus merogoh kocek lebih dalam. Sewa gedung perkantoran kisaran harganya mulai dari Rp30 juta per harinya.

7. Biaya Katering

Kalau kata orang-orang yang sudah menikah, alokasi modal nikah terbesar adalah biaya katering. Semakin banyak tamu yang diundang, semakin banyak pula biayanya. Sebelum menyusun budget, hal paling paling penting untuk kamu lakukan adalah menentukan berapa jumlah tamu pernikahanmu. Diskusikan bersama pasangan dan keluarga terkait siapa saja yang akan diundang. Barulah setelahnya kamu bisa memilih paket katering sesuai dengan hitung-hitungan budget dan total undangan. Semisal biaya katering per porsi Rp100 ribu dengan total undangan 500 orang. Artinya, total biaya konsumsi yang harus kamu keluarkan minimal sebesar Rp50 juta.

8. Biaya Dekorasi

Salah satu aspek yang mendukung suasana dan estetika dari hari pernikahan adalah konsep dekorasinya. Harga jasa dekorasi cukup beragam, kamu bisa sesuaikan dengan budget dan seleramu. Setiap vendor memiliki karakter dekorasinya masing-masing. Kamu bisa bandingkan dari segi harga, tampilan, serta kelengkapan dekorasi yang ditawarkan. Biaya dekorasi pernikahan minimalis mulai berkisar Rp3 juta s.d. Rp15 juta.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 7 Cara Menabung Untuk Umroh yang Cocok Untuk Kamu

9. Biaya Undangan dan Souvenirs

Di era digital serba modern seperti sekarang, konsep undangan cetak pelan-pelan mulai ditinggalkan. Tren undangan digital dengan berbagai desain dan animasi elegan cukup menarik generasi muda, karena simple dan tidak menyebabkan sampah kertas. Biaya undangan digital cukup beragam, mulai dari Rp200 ribu untuk desain dan link khusus undanganmu yang bisa disebar ke seluruh undangan

Namun, bagi generasi tua seperti kakek, nenek, tante, om, dan kerabat lainnya, undangan cetak tetaplah penting. Jadi, kamu bisa mencetak undangan secara terbatas untuk mereka. Harga undangan cukup beragam, mulai dari Rp1.000 per lembarnya. Semisal kamu mencetak 100 lembar undangan cetak, artinya kamu cukup merogoh tambahan kocek Rp100 ribu untuk cetak undangan.

Selain itu, kamu perlu menyisihkan budget untuk souvenir untuk tamu. Souvenir bisa berupa barang-barang kecil yang berguna seperti kipas, kaca, hand sanitizer, dsb. Harga satuan souvenir beragam, mulai dari Rp5 ribu per itemnya. Kamu bisa sesuaikan jumlah tamu dengan jumlah souvenir yang disiapkan.

10. Biaya Rias dan Busana Pengantin

Pernikahan ibarat jadi raja dan ratu dalam sehari sehingga sebisa mungkin kita tampil all out pada saat di pelaminan. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan modal nikah untuk biaya busana dan makeup pengantin. Biasanya, ada beberapa vendor yang menyediakan jasa sewa busana sekaligus makeup artist (MUA). Harganya juga cukup beragam, tergantung jenis busana serta makeupnya. Jasa paket busana dan MUA biayanya berkisar Rp8 juta.

11. Biaya Dokumentasi

Momen sekali seumur hidup tentunya perlu diabadikan dalam bentuk dokumentasi foto dan video sehingga kamu membutuhkan jasa fotografer dan videografer. Kamu bisa baca secara mendetail paket yang tersedia, apakah include jasa edit dan cetak album foto sekaligus. Jasa fotografer dan videografer dapat kamu sewa mulai dari Rp5 juta.

12. Biaya Tambahan Lainnya

Selain kesebelas biaya utama di atas, kamu juga perlu menyiapkan budget untuk kebutuhan lain seperti biaya seragam keluarga, bridesmaids, pagar ayu, dsb. Baik bridesmaids maupun keluarga biasanya kita memberikan bahan kain untuk mereka jahit sendiri. Bahan baju per orang Rp200 ribu. Sementara untuk seragam pagar ayu, biasanya kita bisa menyewa paket sekaligus dengan rias dan busana pengantin.

Estimasi Biaya Nikah Berdasarkan Perkiraan Budget

Berikut adalah total perhitungan modal nikah berdasarkan estimasi. Tapi, disclaimer, aja, nih, total biaya di bawah ini bisa kamu sesuaikan lagi dengan kebutuhanmu. Jadi, bisa jadi lebih kecil, bisa jadi lebih besar lagi.

estimasi-total-modal-nikah

Siapkan Modal Nikah dengan Investasi Reksadana

Sebelum mempersiapkan modal nikah, kamu perlu set up target waktu menikah serta melakukan pertemuan bersama keluarga untuk menyepakati konsep pernikahan dan jumlah tamu undangan. Barulah setelahnya kamu bisa riset vendor sekaligus menghitung biaya yang dibutuhkan sesuai kemampuanmu bersama pasangan.

Baca juga: Tips Menabung Untuk Menikah, Wajib Tahu 6 Hal Ini!

Agar dana pernikahan bisa lebih optimal hingga menghasilkan keuntungan saat mencapai target waktu yang ditentukan, kamu bisa menabung pada produk reksadana. Kamu bisa sesuaikan produk reksadana dengan target waktu menikah. Berikut adalah rekomendasi reksadana yang cocok sesuai dengan target waktunya.

rekomendasi-produk-reksadana-untuk-modal-nikah

Baca juga: Apa Itu Reksadana? Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Risikonya

Kamu bisa berinvestasi reksadana dan emas melalui aplikasi tanamduit. Mulai dari Rp10 ribu saja, kamu bisa mulai menggapai impian beli rumah di masa mendatang. 

Sekarang, kamu bisa mewujudkan mimpimu dengan fitur Tanam Mimpi di aplikasi tanamduitTanam Mimpi adalah fitur yang membantu investor, khususnya para pemula untuk mewujudkan tujuan keuangan di masa mendatang, mulai dari dana menikah, pendidikan anak, DP rumah, beli mobil, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menentukan sendiri target budget yang ingin ditabung dan waktu mencapainya sesuai keinginan dan kemampuan finansialmu. Selain itu, fitur Tanam Mimpi juga memiliki:

  1. Tips budgeting beragam tujuan finansial
  2. Top 3 Reksa Dana Performa Terbaik di tanamduit
  3. Reminder investasi rutin otomatis
  4. Pantau progress mimpimu (on-track/off-track)

fitur tanam mimpi untuk wujudkan masa depan

Yuk, download tanamduit dan mulai siapkan modal nikah kamu dari sekarang!

tanamduit Team
tanamduit Team

tanamduit adalah penyedia layanan investasi reksa dana, emas, SBN, dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile