Home » 10 Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah, Anti Gagal!

10 Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah, Anti Gagal!

oleh | Apr 1, 2022

10 Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah

Berikut adalah ulasan sederhana yang bisa kamu lakukan dalam mencapai tujuanmu menabung 5 juta setahun, di antaranya:

1. Kenali kondisi finansialmu

2. Buatkan catatan pengeluaran

3. Biasakan hidup hemat

4. Tentukan hari menabung

5. Buatkan rekening khusus

6. Mulai menabung dengan jumlah kecil

7. Buat kalendar tabungan

8. Lakukan 52 weeks money challenge

9. Menabung 14 ribu perhari

10. Mulai berinvestasi

Agar konsisten mengumpulkan uang tabungan, kamu harus mengetahui tips menabung 5 juta setahun. Kegiatan menabung adalah salah satu cara perencanaan keuangan dengan baik. Dengan begitu, seseorang dapat mencapai tujuan keuangannya di masa yang akan datang. Namun, banyak orang tidak konsisten dalam manajemen keuangan sehingga gagal dalam menabung sesuai targetnya. 

Adanya target jumlah tabungan dan jangka waktu yang jelas bisa menjadi dorongan mencapai tujuan keuangan dan lebih termotivasi dalam menyisihkan uang. Untuk itu, tips menabung 5 juta setahun berikut ini bisa menginspirasimu dalam mengumpulkan uang tabungan dan cepat mencapai target dengan konsisten. 

Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah

1. Kenali Kondisi Finansialmu

Langkah pertama adalah mengenali kondisi finansialmu. Hal ini bisa memudahkanmu untuk mengetahui cara yang efektif dalam mewujudkan tujuan keuanganmu dalam setahun. Jadi, setiap bulan kamu harus memperhitungkan pemasukan agar bisa menyisihkan dana kebutuhan pokok bulanan dan dana tabungan. Oleh sebab itu, alokasi gaji yang tepat sangat penting dalam mencapai target keuanganmu. Kenali alokasi gaji melalui artikel berikut: Gaji Pas-pasan Bisa Nabung dan Investasi? Cobain Alokasi Gaji Ini

2. Buat Catatan Pengeluaran

Selanjutnya, kamu bisa membuat catatan setiap pos pengeluaran. Sebelum belanja, kamu dapat menyiapkan catatan belanja bulanan sehingga tidak membeli barang yang tidak terlalu penting. Catatan ini juga berfungsi sebagai cara mengatur keuangan dengan bijak sekaligus menjadi acuan evaluasi keuangan bulanan. Cara ini bisa memudahkanmu dalam mengontrol setiap pengeluaran sesuai dengan anggaran bulanan yang ada.

3. Biasakan Hidup Hemat

Mulai sekarang, cobalah kebiasaan hidup hemat agar tidak merasa kesulitan dalam menyisihkan uang tabungan. Langkah sederhana hidup hemat adalah fokus pada pengeluaran kebutuhan pokok dan tidak tergoda beli barang konsumtif. Seringkali, orang-orang tergoda berbelanja hanya untuk memenuhi keinginannya. Kamu harus mengenali kebutuhan dan keinginan sehingga dapat mengutamakan pengeluaran kebutuhan pokok. Jangan sampai tergoda berbelanja barang yang tidak terlalu penting, ya! Yuk, kenali tips hidup hemat melalui artikel berikut: 6 Tips Hidup Hemat yang Perlu Kamu Terapkan, Perlu Tahu!

4. Tentukan Hari Menabung

Saat memulai wujudkan tips menabung 5 juta setahun, kamu akan menghadapi godaan untuk memakai uang tabungan karena belum terbiasa. Untuk itu, kamu bisa menentukan hari khusus untuk menyisihkan uang tabungan secara konsisten. Misalnya, kamu menerima gaji bulanan setiap tanggal 25 dan menetapkan tanggal 25 sebagai hari menabung. Jadi, kamu akan rutin menabung di setiap tanggal 25. Siapkanlah alarm menabung di ponselmu agar tidak lupa menyisihkan sebagian penghasilanmu. Jika gajimu sebesar Rp4,5 juta, maka kamu bisa mengalokasikan 10% dari penghasilanmu setiap bulan agar bisa mencapai 5 juta dalam setahun.

5. Buat Rekening Khusus

Seringkali, orang-orang menyimpan semua uang di satu rekening baik uang kebutuhan pokok maupun uang tabungan. Suatu waktu, kamu bisa saja merasa tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk berbelanja. Untuk meminimalisir risiko tersebut, kamu bisa membuat rekening khusus tabungan dengan limit penarikan dalam jumlah tertentu. Jenis rekening tanpa fitur internet banking juga bisa menjadi alternatif sehingga tidak terpakai untuk belanja online.

6. Mulai dengan Jumlah Kecil

Tips menabung 5 juta setahun selanjutnya itu mulai menabung dengan jumlah sedikit terlebih dahulu. Misalnya, sisihkan mulai dari Rp5 ribu–Rp25 ribu per hari. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa menambahkan sedikit demi sedikit besaran uang tabungannya. Jika sudah terbiasa menyisihkan uang, maka kamu akan lebih termotivasi untuk terus menabung sampai tujuan keuanganmu tercapai. Setelah mengenali manfaat nabung rutin, kamu tidak akan berat hati mengalokasikan sebagian uang ke rekening khusus.

7. Buat Kalendar Tabungan

Setelah memulai nabung dengan jumlah kecil, kamu dapat menyiapkan kalendar tabungan khusus dalam periode waktu tertentu baik per hari, per minggu, maupun per bulan. Bentuk kalender ini bisa menyesuaikan dengan besaran uang dan waktu menabung. Misalnya, selama satu minggu pertama nabung mulai dari Rp5 ribu–Rp30 ribu. Selanjutnya, kamu bisa menaikkan jumlah tabungan hingga mencapai target. Setelah mengalokasikan uangnya, kamu dapat memberi tanda pada kalendar agar bisa mengetahui jumlah yang sudah terkumpul. tanamduit juga punya inspirasi kalendar tabungan per minggu sebagai berikut.

tips-menabung-5-juta-dalam-setahun-52-minggu

8. 52 Weeks Money Challenge

Di media sosial, banyak orang melakukan 52 weeks money challenge. Tren ini merupakan konsep menabung berupa tantangan mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu selama 52 minggu. Buatlah catatan besaran tabungan setiap harinya hingga mencapai target 5 juta.  Namun, kamu tidak boleh melewatkan hari tanpa menabung selama masa tantangan ini. Agar lebih semangat, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk melakukan tren 52 weeks money challenge bersama.

9. Nabung 14 Ribu Per Hari

Sebagai alternatif lain tips menabung 5 juta setahun, kamu bisa menyisihkan uang sebesar Rp14 ribu per hari hingga mencapai target. Selama 365 hari, lakukan kegiatan menabung secara rutin tanpa jeda sehingga dapat mewujudkan tujuan keuanganmu. Meskipun jumlahnya sedikit, kamu dapat memperoleh hasil optimal di masa yang akan datang.

10. Mulai Berinvestasi

Selain nabung di rekening khusus, kegiatan investasi rutin juga bisa menjadi tips menabung 5 juta setahun yang efektif. Investasi adalah sebuah kegiatan penanaman modal dengan jumlah tertentu dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.  Uang tabunganmu akan lebih optimal karena aset investasimu dapat menjadi passive income dalam kurun waktu setahun.Dalam jangka pendek kurang dari setahun, investor pemula bisa memilih instrumen investasi berisiko rendah seperti reksa dana pasar uang. Dalam hal ini, kamu dapat memperhitungkan keuntungan investasimu dalam satu tahun dengan perhitungan compound interest sebagai berikut.

Rumus Compound Interest 

F = [P (1+i)^n]-P

F = nilai mendatang

P = nilai modal pokok

i = persentase bunga satu tahun

n = jumlah periode investasi

Misalnya, kamu berinvestasi sebesar  Rp450 setiap bulan secara rutin di produk reksa dana pasar uang dengan imbal hasil 5% setahun. Total modal investasimu dalam sebulan itu Rp5,4 juta. Berikut merupakan perhitungan keuntungan investasimu.

compound-interest-tips-menabung-5-juta

Kalau simpan uang tabunganmu di reksa dana pasar uang, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih sebesar Rp270 ribu dalam setahun, lho. Selain capai target keuangan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari uang yang dikumpulkan setiap bulannya.

Kini, investor juga bisa berinvestasi secara online lewat satu aplikasi dengan mudah dan aman. Sekarang, semua orang berkesempatan untuk investasi reksa dana mulai dari 10 ribu aja, lho. Mulai dari produk reksa dana konvensional hingga reksa dana syariah, ada! Salah satunya adalah aplikasi tanamduit yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Jadi, kamu tidak perlu mengkhawatirkan keamanan investasi reksa dana di aplikasi tanamduit. Klik di sini untuk mulai investasi reksa dana di tanamduit!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile