Beranda » belajar » Surat Berharga Negara » Resmi Rilis! ORI024 Terbit 9 Oktober 2023, Ini Karakteristiknya!

Resmi Rilis! ORI024 Terbit 9 Oktober 2023, Ini Karakteristiknya!

oleh | Okt 20, 2023

ORI024 rilis tanggal 9 Oktober 2023 pukul 09.00 WIB. Pemerintah RI membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI024 sampai tanggal 2 November 2023 pukul 10.00 WIB. Besaran kupon ORI024-T3 6,10% dan ORI024-T6 6,35% per tahun. 

Target awal penerbitan SBN ritel itu sebesar Rp20 triliun. Pada perilisan seri sebelumnya, kuota pemesanan habis sebelum masa penawaran berlangsung. Pastikan kamu segera berinvestasi membelinya di awal masa penawaran sebelum kuota habis. 

Apalagi, kamu yang mau mengoptimalkan imbal hasil investasi dengan membeli ORI024 sampai kuota maksimal.

Investor bisa membeli SBN Ritel ini mulai Rp1 juta sampai Rp5 Miliar (ORI024-T3) dan Rp10 Miliar (ORI024-T6). Jadi, setiap orang berkesempatan berinvestasi hingga Rp15 Miliar.

Apa Itu SBN seri ORI024?

ORI024 adalah jenis surat berharga negara (SBN) ritel yang pemerintah terbitkan kepada masyarakat investor untuk mendukung pembangunan negara. Obligasi negara ritel ini dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder.

Dengan kupon tetap (fixed rate), kamu bisa mengoptimalkan sebagian penghasilan dan memperoleh passive income stabil setiap bulannya dalam jangka menengah atau jangka panjang.

Baca juga: Pengertian Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Keuntungannya

Karakteristik ORI024

Sebelum mulai berinvestasi, kenali karakteristik SBN Ritel ORI melalui penjelasan berikut.

1. Tenor

Seperti seri sebelumnya, pemerintah menawarkan dua jenis masa tenor yaitu 3 tahun dan 6 tahun. Jadi, investor bisa memilih berdasarkan tujuan investasi jangka menengah atau jangka panjang.

Perbedaan ORI024-T3 dan ORI024-T6

Berikut adalah perbandingan kedua jenis SBN Ritel seri ORI024.

Seri ORI024-T3 ORI024-T6
Masa Penawaran 9 Oktober–2 November 2023
Tanggal Penetapan 6 November 2023
Setelmen 8 November 2023
Kupon 6,10% 6,35%
Jatuh Tempo 15 Oktober 2026 15 Oktober 2029
Minimal Pemesanan Rp1 juta
Maksimal Pemesanan Rp5 Miliar Rp10 Miliar
Tanggal Pembayaran Kupon Tanggal 15 setiap bulannya
Tradable di pasar sekunder mulai 16 Desember 2023

2. Jenis Kupon

Jenis kupon ORI024 adalah tetap (fixed rate). Jadi, besaran imbal hasil kupon yang investor tidak akan berubah hingga masa jatuh tempo.

Oleh sebab itu, instrumen ini cocok sekali untuk investor yang mau mendapatkan passive income bulanan yang stabil meskipun terjadinya naik-turunnya kondisi perekonomian.

Kupon pertama akan diberikan tanggal 15 Desember 2023 (long coupon). Selanjutnya, pemberian kupon akan diberikan setiap bulan di tanggal 15.

3. Potensi Keuntungan dari Capital Gain

Keuntungan investasi ORI adalah sifatnya tradable atau bisa diperjualbelikan kembali di pasar sekunder sebelum masa jatuh tempo. 

Saat menjualnya kembali, investor berpotensi mendapatkan keuntungan dari capital gain (selisih harga jual dan harga beli saat masa penawaran). Jika harga jualnya lebih tinggi, maka investor bisa mendapatkan keuntungan tambahan.

Jadwal SBN ORI024

Catat tanggal penting seputar penerbitkan SBN seri ORI024 yang wajib kamu kenali melalui gambar di bawah ini.

timeline perilisan SBN Ritel ORI ORI024

Apa Keunggulan ORI024 Bagi Investor?

Jika kamu membeli SBN ORI024 di masa penawaran, maka kamu akan menerima banyak keuntungan. Tidak heran, instrumen investasi ini sangat menarik perhatian masyarakat investor.

ORI seri sebelumnya pun kuotanya habis sebelum masa penawaran berlangsung. Yuk, kenali keuntungan selengkapnya melalui penjelasan berikut.

1. Investasi 100% Aman Dijamin Oleh Negara 

Sesuai Undang-undang Nomor 24 Tahun 2002 Tentang Surat Utang Negara (SUN), negara Indonesia menjamin pemberian imbal hasil para investornya.

Nah, pemberian imbal hasil kupon investor juga masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Oleh sebab itu, setiap bulannya investor tentu langsung menerima imbal hasil melalui rekening yang terdaftar.

2. Imbal Hasil Relatif Lebih Tinggi daripada Bunga Deposito

Mau investasi menguntungkan yang memberikan imbal hasil bulanan dengan aman? Ya! ORI024 menjadi pilihan terbaik. Apalagi, keuntungannya relatif lebih optimal daripada deposito.

Selain besaran kupon yang cenderung lebih tinggi daripada rata-rata bunga deposito buku IV, SBN Ritel ini juga hanya memiliki pajak imbal hasil sebesar 10%. Sementara itu, pajak deposito sebesar 20%. Jadi, imbal hasil yang investor peroleh tidak terpotong pajak terlalu besar.

Simak simulasi perhitungan investasi ORI024 vs deposito melalui gambar berikut.

simulasi perhitungan ORI024-T3 vs Deposito

simulasi perhitungan ORI024-T6 vs Deposito

3. Sumber Passive Income Setiap Bulan

Setiap bulan di tanggal 15, investor akan menerima passive income berupa imbal hasil kupon. Pemberian imbal hasil kupon akan ditransfer langsung oleh pemerintah ke rekening investor.

Nah, besaran imbal hasil tersebut akan tetap sampai masa jatuh tempo karena ORI024 bersifat fixed rate. Instrumen investasi ini cocok sekali untuk investor yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tetap, nih. 

4. Ada Pilihan Masa Tenor 

Investor punya kebebasan untuk memilih produk ORI024 sesuai tujuan investasi jangka menengah atau jangka panjang, yaitu 3 tahun (ORI024-T3) dan 6 tahun (ORI024-T6). 

5. Ada Potensi Keuntungan Tambahan dari Capital Gain

Karakteristik ORI024 yang utama adalah sifat tradeable atau bisa diperjualbelikan sebelum masa jatuh tempo di pasar sekunder. Jadi, investor berkesempatan mendapatkan keuntungan tambahan dari selisih harga jual dan harga beli dari (capital gain).

Jika investor menjualnya dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli di saat masa penawaran, maka ia akan mendapatkan keuntungan. Mulai 16 Desember 2023, investor bisa melakukan penjualan kembali asetnya setelah menerima kupon pertama.

6. Mulai Investasi Mudah dan Praktis

Sekarang, semua masyarakat investor bisa membeli SBN Ritel ini melalui Mitra Distribusi (Midis) terpercaya yang sudah ditunjuk Kemenkeu RI. Nah, tanamduit adalah satu Midis terbaik yang sudah dipercaya Kementerian Keuangan RI sejak awal masa perilisan SBN secara online.

Tertarik investasi ORI024? Yuk,  download aplikasi tanamduit, membuka rekening SBN dan membelinya selama masa penawaran berlangsung. Kenali tutorial beli SBN di aplikasi tanamduit, klik di sini .

7. Bentuk Dukungan Pembangunan Negara

Selain berinvestasi, Pemerintah RI membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mendukung pembiayaan pembangunan negara. Dengan membeli ORI024, kamu sudah ikut serta dalam pembangunan negara Indonesia.

Kesimpulan

SBN seri ORI024 (ORI024-T3& ORI024-T6) dengan jenis kupon tetap (fixed rate) 6,10% dan 6,35% per tahun resmi rilis. Kamu dapat membelinya pada masa penawaran 9 Oktober – 2 November 2023. Kamu juga berkesempatan memperoleh promo menarik dengan berinvestasi ORI024 di tanamduit, lho! 

Meskipun masa penawaran ORI024 sudah berakhir, jangan sampai ketinggalan penawaran SBN seri berikutnya dengan download tanamduit sekarang! tanamduit telah menjadi mitra distribusi yang telah dipercaya Kementerian Keuangan RI sejak awal perilisan SBN secara online tahun 2018.

tanamduit Team

tanamduit Team

tanamduit adalah aplikasi penyedia beragam produk investasi reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), dan asuransi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

banner-download-mobile