Home » SR016 Investasi Dijamin Negara dengan Keuntungan 4,95% per tahun

SR016 Investasi Dijamin Negara dengan Keuntungan 4,95% per tahun

oleh | Feb 25, 2022

Hari ini (25/02), seri Sukuk Ritel (SR) terbaru, SR016 telah resmi dirilis pemerintah. SR016 menjadi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang pertama kali rilis di tahun 2022. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan menetapkan kupon atau imbal hasilnyasebesar 4,95% per tahunnya. Kamu dapat membeli SR016 selama masa penawarannya, mulai tanggal 25 Februari–16 Maret 2022.

Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai sukuk ritel seri SR016 pada artikel berikut!

Pengertian Sukuk Ritel (SR016)

Sukuk ritel (SR016) adalah produk SBSN yang pemerintah terbitkan untuk dapat masyarakat beli mulai dari Rp1 juta. Produk ini adalah seri SR ke-16 yang telah rilis. Artinya, pemerintah sudah menerbitkan produk SR sebanyak 16 kali. Pemerintah mengelolanya dengan prinsip syariah sehingga memerlukan akad dalam setiap transaksi pembeliannya. SR bisa kita katakan sebagai versi syariahnya Obligasi Negara Ritel (ORI), karena sama-sama punya jatuh tempo 3 tahun dan kupon/imbal hasil keduanya sama-sama tetap (fixed rate). Kamu dapat mengetahui lebih mendalam mengenai Sukuk Ritel pada artikel berikut: Apa Itu Sukuk Ritel? Ketahui Pengertian dan Keuntungannya!

Kupon atau Imbal Hasil SR016

Kupon SR016 adalah 4,95% per tahunnya. Jenis kupon dari SR016 adalah fixed rate, artinya besar kupon atau imbal hasil yang kamu terima setiap bulannya tetap, tidak akan naik atau turun sampai jatuh temponya tanggal 10 Maret 2025. Besar kuponnya lebih tinggi daripada suku bunga acuan Bank Indonesia (7 Days Repo Rate) saat ini, yaitu 3,5% sehingga selisih (spread) imbal hasil SR016 dengan acuannya sebesar 1,45%. Besaran kuponnya juga lebih tinggi daripada rata-rata bunga deposito bank buku IV, yaitu 2% per tahun.

Penentuan besar kupon SBN didasari oleh beberapa pertimbangan di antaranya:

  1. Level suku bunga acuan Bank Indonesia saat penetapan kupon
  2. Imbal hasil obligasi acuan pemerintah dengan tenor yang sama
  3. Kondisi pasar domestik dan global

Pajak SBN Turun, Lebih Rendah 50% dari Pajak Deposito

Awalnya, pemerintah menetapkan pajak kupon SBN sebesar 15%. Namun, sejak perilisan ORI020, DJPPR Kemenkeu mengumumkan bahwa pajak SBN turun menjadi 10% saja. Sementara itu, pajak dari deposito adalah 20%. Dengan turunnya pajak SBN, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih optimal dibandingkan menaruh uangmu pada rekening deposito.

Keuntungan Investasi SR016

Sama seperti seri Sukuk Ritel lainnya, produk ini menawarkan keuntungan yang menarik untuk bisa kamu pertimbangkan.

1. Kupon SR016 lebih tinggi dari deposito

Sebagaimana telah DJPPR Kemenkeu umumkan, kupon atau imbal hasil SR016 adalah 4,95% per tahunnya. Kupon tersebut lebih tinggi dari suku bunga acuan BI dan rata-rata bunga deposito bank buku IV. Rata-rata bunga deposito bank buku IV saat ini hanya 2%. Selisih imbal hasilnya cukup signifikan, bukan?

2. Pajaknya lebih rendah dari deposito

Pajak SBN termasuk produk ini hanya 10%, hanya setengah dari pajak deposito. Oleh karena itu, berinvestasi SR016 jauh lebih menguntungkan, terlebih lagi kuponnya lebih tinggi dari deposito.

3. Risiko sangat rendah, karena dijamin negara

Salah keuntungan dari instrumen SBN adalah investasinya mendapatkan jaminan langsung oleh negara. Makanya, nggak heran kalau tingkat gagal bayarnya sangat rendah.

4. Dapat diperjualbelikan di pasar sekunder sebelum jatuh tempo

Keuntungan lainnya dari produk ini adalah kalau sewaktu-waktu kamu ingin mencairkan kepemilikan SR-mu sebelum jatuh tempo, kamu tinggal menjualnya saja di pasar sekunder. Nggak perlu repot kalau kamu membeli SBN di tanamduit, karena kamu cukup tekan tombol “jual” di aplikasi tanamduit dan tunggu hasil penjualannya masuk ke rekening.

Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lebih berupa capital gain kalau saat menjual kepemilikan SR016 harganya mengalami kenaikan. Sebaliknya, kamu bisa juga merugi (capital loss) saat menjualnya ketika harga turun. Untuk menghindari risiko pasar seperti ini, kamu bisa hold kepemilikan SR-mu sampai masa jatuh temponya.

5. Kesempatan untuk berkontribusi pada negara

Perilisan Surat Berharga Negara (SBN) adalah momentum berharga bagi masyarakat luas untuk dapat berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan negara. Selain berinvestasi dan mendapatkan imbal hasil setiap bulannya, kamu juga sekaligus bisa berpartisipasi dalam pembangunan negeri. 

Simulasi Perhitungan Keuntungan SR016 vs Deposito

Berdasarkan keuntungan yang telah dipaparkan pada poin sebelumnya, berikut simulasi perhitungan imbal hasil dari SR016 vs Deposito. Pada simulasi berikut, kita asumsikan dana yang diinvestasikan masing-masing sebesar Rp10 juta.

SR016 bisa jadi salah satu pilihan investasi yang menarik kalau kamu ingin berinvestasi pada produk rendah risiko dan mendapat jaminan langsung oleh negara. Produk ini juga cocok kamu gunakan untuk melakukan diversifikasi aset investasi.  SR016 telah rilis dan sudah dapat kamu beli selama masa penawaran (25 Februari–16 Maret 2022). Jenis kupon SR016 adalah fixed rate dengan kupon 4,95% per tahun. Kamu juga berkesempatan memperoleh promo menarik investasi SR016 di tanamduit, lho! Yuk, investasi SR016 dengan download tanamduit sekarang! Tanamduit telah menjadi mitra distribusi yang telah dipercaya Kementerian Keuangan RI sejak awal perilisan SBN secara online tahun 2018.

Kita dapat simpulkan bahwa berdasarkan perhitungan imbal hasil di atas dengan modal yang sama, investasi pada SR016 jauh lebih menguntungkan daripada sekadar menaruh uang di rekening deposito. Selisih imbal hasil bulanan dan tahunannya cukup signifikan, bukan?

Cara Membeli SR016

Produk SBN, termasuk SR016 dapat kamu beli saat masa penawaran sedang berlangsung. Kamu dapat mengecek jadwal penerbitan SBN pada situs resmi DJPPR Kementerian Keuangan RI.

Baca juga: Jadwal SBN (Surat Berharga Negara) [Update 2022]

SR dapat kamu beli melalui mitra distribusi (midis) pada saat masa penawarannya. tanamduit menjadi salah satu mitra distribusi resmi yang telah ditunjuk Kementerian Keuangan sejak SBN pertama kali rilis secara online tahun 2018, lho. Kamu dapat membaca panduan lengkap cara beli SBN di tanamduit pada artikel berikut Tutorial Lengkap: Cara Beli SBN untuk Pemula.

Kesimpulan

SR016 bisa jadi salah satu pilihan investasi yang menarik kalau kamu ingin berinvestasi pada produk rendah risiko dan mendapat jaminan langsung oleh negara. Produk ini juga cocok kamu gunakan untuk melakukan diversifikasi aset investasi.

Yuk, mulai investasi SBN di tanamduit sekarang!

Syafira Maulida
Syafira Maulida

Penulis lulusan Sastra Indonesia yang tertarik dengan dunia musik dan kecantikan. Saat ini, Fira juga sedang mengerjakan projek musik bersama kedua bandnya sebagai vokalis sekaligus komposer lirik.

banner-download-mobile