Home » Pengertian Emas, Jenis, Manfaat, dan Cara Membedakan Emas Asli

Pengertian Emas, Jenis, Manfaat, dan Cara Membedakan Emas Asli

oleh | Feb 12, 2022

Apa itu Emas?

Emas adalah adalah logam mulia bersifat lunak dan mudah ditempa yang biasanya menjadi bahan perhiasan atau harta benda berharga. Selain itu, emas adalah instrumen investasi yang populer dan terpercaya dari masa ke masa. Sebagai harta benda berharga, aset ini juga menjadi instrumen investasi yang dapat melindungi nilai kekayaan karena nilainya cenderung lebih tinggi dari jenis logam mulia lainnya seperti platinum dan paladium. Bahkan, logam mulia ini terkenal dengan sebutan save haven. 

Hal tersebut membuat aset ini mampu melindungi kekayaan seseorang dari kondisi ekonomi yang tidak stabil atau inflasi. Saat terjadi penurunan nilai uang, instrumen investasi ini justru memiliki nilai yang cenderung naik. Adanya kecenderungan harga emas yang naik di tengah situasi perekonomian yang melemah ini membuat aset berkilau ini menjadi alternatif investasi yang aman.

Berdasarkan sejarah, emas menjadi bahan perhiasan bangsa Mesir sejak tahun 2000 sebelum masehi (SM). Di abad ke-19, logam mulia ini sudah menjadi acuan nilai mata uang. Pada tahun 1821, Britania Raya menggunakan logam keemasan yang berkilau ini untuk menentukan nilai mata uang pondsterling dalam transaksi jual beli. Mata uang tersebut berupa koin logam mulia. Setelah itu, beberapa negara lainnya seperti Jerman, Prancis, Amerika Serikat, dan negara lainnya mengadopsi cara tersebut.

Sejak zaman dahulu, jenis logam mulia ini menjadi mata uang atau perhiasan yang bernilai tinggi dan menjadi simbol kekayaan atau kemewahan di berbagai negara. Proses untuk memperoleh logam mulia ini cukup panjang. Di samping itu, jenis logam mulia ini juga memiliki warna yang berbeda daripada logam mulia perak atau silver sehingga mengandung simbol kesejahteraan secara nilai psikologisnya.

Ciri-ciri Emas Asli

1. Memiliki Warna Mengkilap

Pada logam  mulia ini memiliki unsur kimia yang unik daripada jenis logam lainnya. Emas berasal dari proses magmatisme yang menghasilkan endapan mineral yang unik. Hal itu membuat jenis logam mulia ini memiliki karakteristik warna kuning yang mengkilap dan berkilau, berbeda dengan yang palsu  cenderung berwarna kuning gelap. Kilauan logam mulia ini membuatnya semakin bernilai sejak zaman dahulu.

2. Tidak Berubah Warna 

Sampai kapanpun, emas asli tidak akan berubah warna, berbeda dengan yang palsu justru mudah pudar dan mudah berubah warna seiring berjalannya waktu. Saat ditetesi larutan asam, logam mulia ini tidak akan bereaksi apapun dan tidak menunjukkan perubahan. Namun, produk palsu akan mengalami perubahan warna saat terkena larutan asam. Selain itu, logam mulia palsu akan meninggalkan goresan warna hitam bergesekan dengan kertas atau keramik.

3. Mudah Dibentuk

Jenis logam mulia ini memiliki sifat unik, bersifat lunak dan mudah ditempa. Semakin tinggi kadar emas, semakin lunak wujudnya. Karat adalah acuan pengukuran tingkat kemurnian emas berdasarkan jumlah persentase logam mulia yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, pengrajin perhiasan mencampur logam lain seperti perak, tembaga, dan jenis logam lainnya agar dapat digunakan selama aktivitas sehari-hari. 

4. Bersifat Non Magnetis

Umumnya, logam bersifat magnetis. Namun, jenis logam mulia ini bukan merupakan logam bersifat magnetis. Saat kamu mendekatkan emas dengan magnet, maka logam mulia tersebut tidak akan menempel. Untuk itu, kamu dapat mendekatkan jenis logam mulia ini dengan magnet sehingga kamu mengetahui keasliannya.

5. Tidak Mudah Rusak

Seiring berjalannya waktu, logam mulia ini tidak akan berubah bentuk sampai kapanpun. Jenis logam mulia ini memiliki tingkat kepadatan yang tinggi sehingga bentuk fisiknya tidak akan berubah warna atau bentuk dalam jangka panjang. Semakin tinggi tingkat kepadatan logam mulia, maka semakin tinggi tingkat kemurniannya.

6. Memiliki Bunyi Nyaring

Ciri selanjutnya, logam mulia ini memiliki bunyi nyaring dan panjang saat bersentuhan dengan sebuah koin. Kamu dapat mencermati suara emas untuk memastikan keasliannya. Logam mulia yang palsu tidak memiliki bunyi yang nyaring.

6. Ada Cap atau Sertifikat

Setiap produk logam mulia yang beredar tentu memiliki sertifikat sebagai bukti keasliannya. Kertas sertifikat menunjukan deskripsi produksi logam mulia, garis warna-warni yang khas, dan watermark perusahaan yang memproduksinya. Kamu dapat melihat garis berwarna tersebut saat melihat di bawah sinar ultraviolet. Selain itu, produk fisik logam mulia ini memiliki cap atau nomor seri khusus berupa ukiran pada logam mulia tersebut. Sertifikat ini juga menunjukan keterangan tingkat kemurnian sebuah logam mulia. 

Jenis-jenis Emas

1. Emas Batangan

emas-adalah

Emas batangan adalah jenis logam mulia berbentuk batangan yang juga terkenal dengan sebutan emas lantakan. Jika membeli logam mulia ini, kamu akan memperoleh sertifikat sebagai tanda keasliannya. Bahkan, ada kode emas berupa nomor seri khusus yang terukir di setiap produknya. Di Indonesia, produk jenis ini memiliki berbagai bentuk

2. Emas Perhiasan

Emas perhiasan adalah jenis logam mulia berbentuk perhiasan seperti gelang, kalung, cincin, anting, liontin, dan perhiasan lainnya. Nilai dan harga aset berharga ini bergantung pada berat, kadar karat, dan biaya pembuatan perhiasan. Umumnya, orang menganggap bahwa perhiasan emas 24 karat itu menjadi produk terbaik. Padahal, logam mulia 24 karat itu tidak cocok untuk perhiasan karena sifatnya yang lunak. 

Idealnya, sebuah perhiasan itu memiliki kemurnian 18 karat atau setara dengan 75% emas murni sehingga perhiasan tidak mudah berubah warna atau bentuk dan memiliki nilai yang tinggi. Jenis logam mulia ini juga cocok menjadi investasi jangka panjang. Selain tampil cantik dengan perhiasan yang berkilau, kamu juga dapat memperoleh keuntungan penjualan perhiasan. 

3. Koin Emas

koin-emas-adalah

Koin emas adalah jenis logam mulia berbentuk koin dengan ukuran tertentu. Biasanya, koin ini memiliki desain yang beragam di setiap sisinya. Koin ini berfungsi sebagai mata uang, aset investasi, mahar, hingga aset koleksi para kolektor. Pemerintah juga memproduksi koin ini tetapi tidak beredar dalam transaksi sehari-hari karena nilai metalnya melebihi nilai nominalnya. Oleh karena itu, koin ini menjadi simpanan aset di Bank Sentral.

4. Emas putih

Emas putih adalah jenis logam mulia murni yang memiliki campuran logam sehingga memiliki warna putih seperti perak atau palladium. Logam mulia ini memiliki daya tahan yang kuat dan tahan lama karena memiliki campuran logam lainnya. Variasi ini sangat ideal untuk membentuk perhiasan yang ringan dengan desain yang beragam. Perhiasan emas putih menjadi alternatif bagi kamu yang menyukai desain perhiasan berkesan modern dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Emas Digital

Di tengah perkembangan teknologi, masyarakat juga dapat melakukan investasi emas secara online. Adana teknologi ini memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi beli simpan emas digital. Jadi, kamu dapat berinvestasi aset kuning keemasan yang berkilau ini dengan mudah dan praktis hanya melalui aplikasi penyedia layanan jual-beli logam mulia. Perusahaan tersebut akan menyimpan aset investasimu di brankas yang aman sehingga investor tidak perlu membingungkan tempat membeli logam mulia terpercaya. Di samping itu, investor juga dapat menghindari risiko pencurian barang berharga ini. Melalui aplikasi tanamduit, kamu juga bisa membeli emas digital maupun cetak. Bahkan, kamu dapat membelinya mulai dari Rp10 ribu, lho!

Manfaat Emas

1. Instrumen Investasi

Pertama, emas menjadi salah satu instrumen investasi yang paling populer sebagai aset kekayaan yang bernilai tinggi. Logam mulia ini cocok sekali untuk investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun karena nilai instrumen investasi ini cenderung naik. Di saat kondisi ekonomi melemah atau terjadi inflasi, jenis investasi ini justru memiliki nilai yang stabil hingga mengalami kenaikan. Hal ini membuatnya menjadi aset safe haven, yakni aset yang nilainya meningkat di tengah kondisi pasar yang tidak stabil. Untuk itu, kamu tidak perlu ragu mempertimbangkan aset logam mulia sebagai alternatif instrumen investasi yang aman dan menguntungkan.

2. Mata Uang

Sejak abad ke-19, emas menjadi mata uang atau alat tukar dalam transaksi jual-beli. Logam mulia berbentuk koin ini mampu memudahkan kegiatan perdagangan hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu, alat tukar dalam transaksi jual-beli dapat menggunakan uang kertas. Namun, logam mulia yang berkilau ini juga masih memiliki nilai yang tinggi sehingga dapat ditukar dengan sejumlah uang. Di beberapa negara, logam mulia ini juga menjadi cadangan keuangan yang bertujuan untuk menstabilkan kondisi perekonomian.

3. Simbol Penghargaan

Di lingkungan sosial, logam mulia yang berkilau ini memiliki nilai yang tinggi dan menjadi simbol penghargaan. Oleh karena itu, logam mulia ini menjadi salah satu bentuk penghargaan atau hadiah bagi pemenang ajang tertentu. Biasanya, atlet yang berhasil memenangkan kejuaraan pada pertandingan tertentu mendapatkan medali emas.

4. Bahan Produk Kosmetik

Di dunia kecantikan, emas juga menjadi salah satu bahan pembuatan produk kosmetik seperti lipstik, pelembab, serum, dan lainnya. Kandungan dalam logam mulia ini berfungsi untuk membentuk jaringan sel kulit baru, mengoptimalkan pertumbuhan kolagen, membantu elastisitas kulit, hingga mencerahkan kulit. Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan produk kosmetik menggunakan bahan ini dalam memberikan produk kecantikan terbaik.

5. Benda Suci

Bagi pemeluk agama Buddha, logam mulia yang berkilau ini menjadi barang yang suci. Hal itu membuat patung-patung di tempat ibadah atau tempat suci lainnya terbuat dari logam mulia yang berkilau itu. Contohnya, bangunan di Vihara Wat Pho (Bangkok) memiliki bangunan yang berasal dari logam mulia. Umumnya, tempat ibadah pemeluk agama lainnya juga menggunakan logam mulia ini sebagai elemen dekorasi sebagai penanda tempat ibadah yang suci.

6. Bahan Baku Alat Canggih

Selain menjadi perhiasan dan benda berharga lainnya, logam mulia yang berkilau ini juga menjadi salah satu elemen yang mendukung hadirnya alat-alat canggih. Berdasarkan World Gold Council, setiap ponsel itu memiliki kandungan 50 miligram logam mulia untuk mengurangi risiko korosi dan karat. Di samping itu, chip komputer atau laptop juga mengandung logam mulia ini sebagai elemen yang mampu mempercepat penerimaan informasi.

7. Sebagai Bahan Perawatan Medis

Di berbagai daerah, emas menjadi bahan pembuatan obat sebagai elemen perawatan medis. Penduduk Romawi dan para tabib Tiongkok juga menggunakan logam mulia ini untuk mengatasi penyakit kulit. Di masa modern, logam mulia ini mampu mendukung pengobatan penyakit peradangan dan implan berisiko tinggi.

8. Menu Makanan Mewah

Kini, banyak restoran yang menawarkan menu makanan eksklusif yang menggunakan emas murni atau edible gold sehingga memberikan kesan makanan yang enak dan mewah. Makanan tersebut aman dikonsumsi meskipun tubuh sulit mencernanya.

9. Dekorasi Bangunan 

Sejak zaman dahulu, jenis logam mulia ini memiliki simbol kekayaan dan kemewahan. Oleh karena itu, dekorasi bangunan berbalut logam mulia ini menjadi pilihan banyak orang untuk memberikan ornamen bangunan agar tampak megah dan menawan.

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

1. Perhatikan Kondisi Fisik Emas

Langkah pertama membedakan emas asli dan palsu itu memperhatikan baik-baik kondisi fisiknya. Umumnya, logam mulia palsu terbuat dari kuningan atau logam biasa yang dilapisi oleh warna keemasan sehingga memiliki warna yang lebih gelap dan kusam. Sementara itu, produk yang asli memiliki warna kuning mengkilap dan berkilau.

2. Uji Perubahan Warna

Untuk menguji keaslian sebuah logam mulia, kamu dapat meneteskan asam nitrat ke permukaannya. Jika sebuah logam mulia yang terkena asam nitrat berubah warna menjadi hijau, maka logam mulia tersebut palsu karena terbuat dari besi. Namun, perubahan warna menjadi kuning atau putih susu menunjukan emas palsu yang terbuat dari kuningan atau perak. Emas asli tidak akan berubah warna atau bentuk saat terkena larutan asam.

3. Gigit Emas

Emas adalah sebuah logam mulia bersifat lunak dan mudah dibentuk. Logam mulia yang lunak menunjukkan kadar emas yang tinggi. Saat kamu menggigit permukaan sebuah logam mulia dan meninggalkan bekas gigitan, maka logam mulia tersebut asli. 

4. Goreskan Kertas atau Keramik

Cara membedakan emas asli dan palsu yang mudah yakni menggoreskan logam mulia tersebut ke secarik kertas atau keramik. Jika hasil goresan tersebut tidak menghasilkan bekas, maka logam mulia tersebut asli. Goresan pada logam mulia palsu akan meninggalkan goresan-goresan kecil. Namun, kamu harus berhati-hati dalam melakukan cara ini karena berisiko akan merusak kondisi emasmu saat menggoresnya dengan kencang.

5. Dekatkan Emas ke Magnet

Saat kamu mendekatkan logam mulia ini ke magnet, maka logam mulia tersebut tidak akan menempel dengan magnet karena jenis logam mulia ini bersifat non magnetis. Namun, ada beberapa penyedia logam mulia palsu yang menggunakan logam non magnetis lainnya yang dapat mengelabui pembelinya.

6. Harga Emas Rasional

Sebelum membeli emas, kamu harus berhati-hati saat membelinya dengan harga yang terlalu murah. Seringkali, orang merasa tergiur dengan harga yang murah di bawah harga aslinya. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara cek harga emas agar terjebak kasus penipuan. Kini, kamu dapat memastikan harga logam mulia asli melalui situs resmi penyedia jual-beli emas online.

7. Cek Sertifikat Emas

Selain mempertimbangkan harga yang rasional, kamu harus memeriksa kelengkapan sertifikat emas. Pertama, kamu harus meletakkan sertifikat tersebut di bawah sinar ultraviolet. Sertifikat asli akan menunjukan garis-garis berwarna warni seperti uang kertas dan memiliki detil deskripsi produk logam mulia. Selain itu, sertifikat asli memiliki keterangan perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. Jika kamu membeli emas tanpa sertifikat, maka kamu patut mencurigakan keasliannya.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, emas adalah logam mulia yang bersifat lunak dan memiliki nilai berharga. Bahkan, logam mulia ini juga menjadi simbol kekayaan, kemewahan, dan penghargaan. Selain itu, jenis logam berkilau ini mampu menjaga aset kekayaan di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil atau bergejolak sehingga aset ini memiliki judulan aset save haven. Sebagai instrumen investasi, jenis logam mulia ini menjadi alternatif investasi yang aman dan menguntungkan dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun.

Namun, banyak pihak tidak bertanggung jawab yang kerap melakukan penipuan berkedok jual-beli emas. Untuk itu, kamu harus memastikan beli emas di tempat yang aman dan terpercaya. Di aplikasi tanamduit, kamu dapat membeli emas yang lengkap dengan sertifikatnya dengan mudah, praktis, dan aman, lho. tanamduit adalah aplikasi penyedia layanan investasi emas terbaik yang sudah terdaftar dan diawasi OJK

Jadi, kamu bisa beli emas dengan aman dan praktis hanya melalui satu aplikasi. Bahkan, tanamduit menyediakan produk Koleksi Emasku (PT Bersama Inovasi Gemilang) dan Emas Suka-Suka (PT Antam, Tbk) mulai dari 10 ribu! Selain itu, kamu juga dapat membeli produk cetak dengan pilihan desain kartu emas menarik atau cetak dengan desain kamu sendiri, lho. Sekarang, kamu bisa langsung download aplikasi tanamduit, mulai koleksi emasmu, dan capai tujuan keuanganmu!

Hani Nastiti
Hani Nastiti

Hani adalah seorang penulis yang senang belajar dan berbagi seputar investasi di tanamduit.

banner-download-mobile